Apakah Makan Kepala Ikan berbahaya ? Fakta atau Mitos

Posted on Posted in IPB, Isu Perikanan Kelautan

Ikan merupakan sumberdaya alam yang kerapumemiliki beberapa manfaat bagi kesehatan manusia seperti sumber omega 3, sumber protein hewani. Dibalik manfaat kesehatan, ikan juga memiliki racun alami dalam beberapa bagian tubuhnya, salah satunya pada kepala ikan. Hal ini diperkuat oleh artikel yang dimuat oleh Liputan6.com bahwa beberapa bagian dari ikan seperti kepala, organ dalam ikan, dan sisik ikan mengandung rucun alami yang dihasilkan dari pola konsumsi ikan.

Racun yang umum dijumpai pada kepala adalah ciguatoxin. Seperti yang diungkapkan Badan pengawas Obat dan Makanan (BPOM) racun ini berasal dari dinoflagelata, mikroorganisme yang menempel dan tumbuh pada karang mati. Penelitian yang dilakukan oleh Razi et al. (2014) menjelaskan racun ciguatoxin yang dihasilkan dapat menyebabkan penyakit Ciguatera Fish Poisoning (CFP) atau ciguatera. Ciguatera merupakan gejala keracunan yang dialami oleh manusia setelah mengkonsumsi ikan laut yang hidup di daerah terumbu karang. Gangguan yang ditimbulkan dari ciguatera antara lain gangguan pencernaan akut dan gangguan system syaraf. Racun ciguatoksin ini umumnya ditemukan dalam kadar yang sedikit pada ikan karang, seperti Potato grouper, Tiger grouper, High Fin Grouper, Hump Head Wrasse, Flowery Grouper dan Leopard Coral Grouper (jenis kerapu).

            Namun, menghindari konsumsi ikan bukanlah solusi yang tepat. Toppe (2016) menyatakan mengkonsumsi ikan memiliki keuntungan dan resiko tersendiri, khususnya resiko adanya kontaminasi logam berat dan racun alami yang terkandung pada ikan tersebut. Manfaat yang dapat diambil dari mengkonsumsi ikan selain kadar protein yang tinggi yaitu adanya long chain polyundaturated fatty acids(LCPUFAs), DHA, EPA, asam amino, dan mikronutrien (vitamin, mineral) yang tidak dapat dihasilkan oleh sumber pangan lain selain ikan. Saran yang dapat diberikan mengenai adanya racun dalam mengkonsumsi kepala ikan antara lain

  1. Mengetahui lebih lanjut potensi yang dimiliki oleh ikan
  2. Tidak menghindari konsumsi ikan, karena sumber pangan lain tidak memiliki kandungan gizi sebaik ikan
  3. Simpanlah produk perikanan pada suhu rendah untuk mencegah kontaminasi bakteri
  4. Mengurangi konsumsi ikan karang khususnya yang berukuran besar
  5. Sebaiknya mengkonsumsi ikan karang dari hasil budidaya karena resiko bahaya bisa dikontrol dan diminimalisir

“Ingat ! Ciguatoksin hanya sedikit terkandung di ikan karang herbivora, jadi masih aman untuk dikonsumsi   ”

===================
Web: himasilkan.lk.ipb.ac.id
FB: himasilkan
IG:himasilkanipb
Twitter:himasilkan
===================
HIMASILKAN 2016
#BeraniKontribusi
#KontribusiNyata
#HIMASILKANmilikKITA