KKP Berikan Mesin Pencetak Bakso Ikan ke Warga Lamongan

Posted on Posted in IPB, Isu Perikanan Kelautan

Direktorat Pengembangan Investasi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkomitmen memajukan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang perikanan.

Salah satunya dengan mcemberikan bantuan peralatan produksi di berbagai daerah, seperti Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) di Kecamatan Paciran dan Kecamatan Brondong, Lamongan, Jawa Timur. KKP membantu Poklahsar tersebut dengan memberikan mesin hand sealer atau mesin pengemasan, mesin pencetak baso ikan, wajan untuk merebus dan lain sebagainya.

Ketua Poklahsar Duta Nelayan Zulfikor merasa sangat terbantu dengan bantuan KKP ini. Menurutnya banyak pelaku UMKM memiliki kendala permodalan sehingga tidak bisa membeli alat-alat yang mendukung kegiatan produksi. “Dengan bantuan ini jelas membantu para pengusaha ikan di sekitar Kecamatan Paciran. Bantuan mesin pengemasan ini juga membuat mutu dan kualitas produk menjadi lebih baik dan lebih higienis,” kata Zulfikor dalam keterangan yang diterima, Jumat (25/12/2015). Dia menjelaskan, selain memberikan bantuan, KKP kerap turun langsung untuk melihat perkembangan UMKM. “Interaksi KKP dengan para pengusaha sangat intensif. Selain mendapatkan bantuan alat-alat yang menunjang produksi, kami juga bisa berkonsultasi mengenai produksi, pemasaran, dan strategi dagang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Poklahsar Layang Karya, Wakono mengatakan berkat bantuan alat produksi dari KKP membuat usahanya bisa memproduksi ikan jauh lebih banyak. Dia pun mengaku usahanya sudah jauh lebih berkembang berkat bantuan tersebut. “Berkat bantuan dan pembinaan dari KKP usaha saya sudah berkembang dan bisa mempekerjakan penduduk sekitar yang berjumlah 50 orang,” katanya.

Sumber: www.tribunnews.com

http://www.tribunnews.com/bisnis/2015/12/25/kkp-berikan-mesin-pencetak-bakso-ikan-ke-warga-lamongan

========================================================
Web: himasilkan.lk.ipb.ac.id
FB: facebook.com/himasilkan
IG: instagram.com/himasilkanipb
Twitter: twitter.com/himasilkan
========================================================
HIMASILKAN 2016
#BeraniKontribusi
#KontribusiNyata
#HIMASILKANmilikKITA