Himasilkan kirimkan 2 delegasi dalam Ocean Leaders Forum III dan Seminar IPB Berlayar 2016

Posted on Posted in IPB

Tentara Nasional Indonesi Angkatan Laut (TNI AL) dan Institut Pertanian Bogor (IPB), melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB, menyelenggarakan Ocean Leaders Forum III serta Seminar IPB Berlayar 2016 pada Kamis, 28 Januari 2016. Acara tersebut diselenggarakan di atas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh-593, yang berlayar di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

KRI Banda Aceh-593 merupakan kapal perang Republik Indonesia yang dibuat oleh PT. PAL yang bertempat di Surabaya, Jawa Timur. KRI Banda Aceh resmi diluncurkan pada tahun 2010. Kapal ini berperan dalam operasi kemanusiaan seperti penganggulangan bencana, ekspedisi nusantara jaya,  pendaratan pasukan, operasi amfibi, tank carrier, membuat combat vehicle 22 unit dan tactical vehicle 13 unit.

Ocean Leaders Forum III dan Seminar IPB Berlayar 2016 diikuti oleh sekitar 300 peserta yang terdiri atas Rektor PTN Indonesia, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, dosen, mahasiswa IPB dan tamu undangan dari universitas lain. Sebanyak dua orang peserta merupakan perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Hasil Perinanan (HIMASILKAN) IPB, yaitu Hanifah Husein dan Salmaa Septiana.

aa

Hanifah Husein (kiri) dan Salmaa Septiana (kanan)

Kegiatan Ocean Leaders Forum III dan Seminar IPB Berlayar 2016 diselenggarakan dengan tema “Peran Pemerintah, Stakeholder Kemaritiman dan Pelaku Bisnis dalam Penguatan Visi Poros Maritim Dunia” yang diawali dengan pembacaan do’a oleh Sarjana Agama Laut, lalu dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia, yaitu oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB.

Ocean Leaders Forum III dan Seminar IPB Berlayar 2016 juga mengadakan keynote sekaligus sesi diskusi yang diisi oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, SE, MAP dengan tema “Peran Pemerintah, Stakeholders Kemaritiman dan Pelaku Bisnis dalam Penguatan Visi Poros Maritim Dunia”. Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, MSc dengan tema “Sinergi dan Konvergensi Peran Perguruan Tinggi Melalui Pembentukan National Center of Excellence (NCoE) di Bidang Kelautan dan Kemaritiman dalam Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”. Staf Ahli Menteri Bidang Relevansi dan Produktivitas Kemriset Dr. Ir, Agus Puji Prasetyono, M.Eng dengan tema “Kebijakan Kemenristekdikti dalam Pemberdayaan Nelayan Sebagai Bagian dari Ocean Leaders Forum”. Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumberdaya Alam Dr. Rr. Endah Murniningtyas dengan tema “Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”. Selain itu dilakukan sesi diskusi oleh Prof. Tridoyo Kusumastanto, Prof. Indra Jaya, Dr. Arief Daryanto dan Rosan Perkasa Roelani serta moderator dalam sesi tersebut adalah Kolonel Laut Kresno Buntoro, SH, LLM, PhD. Sebelum sesi tersebut dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) antara Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) dengan TNI AL.

Hasil yang didapat dari terselenggaranya Ocean Leaders Forum III ini adalah terciptanya kesepahaman dalam pergerakan menuju poros maritime dunia antara MRPTNI dengan TNI AL. Kesepahaman  tersebut diwujudkan dalam perjanjian jalinan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, khususnya terkait bidang kemaritiman. Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Laksamana Staf Angkatan Laut selaku Kepala Staf Angkatan Laut dan Rektor IPB selaku perwakilan dari MRPTNI. Penandatanganan perjanjian disaksikan oleg Dirjen PRP, Kemenristek Dikti serta Deputi SDA dan Kemaritiman, Bappenas. Perjanjian tersebut berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang dengan persetujuan dari kedua pihak.

ab

Perwakilan dosen IPB dan perwakilan mahasiswa IPB, UNPAD, UHT, USNI dan STP.

ac

Perwakilan dosen dan Perwakilan mahasiswa FPIK IPB

Sumber :

http://www.jpnn.com/read/2016/01/29/353478/KRI-Banda-Aceh-Tuan-Rumah-Ocean-Leaders-Forum-III-

http://m.antaranews.com/berita/542412/tni-al-dan-ipb-perkuat-poros-maritim

http://m.elshinta.com/news/44647/2016/01/28/tni-al-gandeng-perguruan-tinngi-kembangkan-pendidikan-bidang-kemaritiman

2 thoughts on “Himasilkan kirimkan 2 delegasi dalam Ocean Leaders Forum III dan Seminar IPB Berlayar 2016

  1. mantappp, tulisannya menarik. mungkin lebih baik,di akhirnya ada kontributor penulisnya siapa, atau inisialnya sebagai bentuk apresiasi si penulis.

Comments are closed.