Mahasiswa THP Raih Juara 3 dalam Ajang Tanoto Research Student Award 2016 Tingkat IPB

Posted on Posted in IPB

SELAMAT atas PRESTASI

Mahasiswa Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor kembali menunjukkan prestasinya. Tim yang beranggotakan Rika Lestari (C34110014),  Mina Marlina (C34110016), Nur Magfiroh Apriliani Tunggal Dewi (C34110020), dan Eka Razak Kurniawan (C34110055). Research yang berjudul “Branched Chain Amino Acid Sport Drink dengan Fortifikasi Bioaktif Peptida Hidrolisat Protein Ikan Air Tawar”. Berhasil meraih Juara ketiga pada kegiatan Tanoto Student Research Award 2016 tingkat IPB setelah mengalahkan 20 tim lain yang lolos seleksi dan diundang untuk presentasi.

Kelompok yang lolos seleksi berjumlah 20 kelompok dan diundang untuk presentasi pada hari Selasa (19/1). Penilaian presentasi dilakukan secara langsung oleh tim juri (3 orang). “Penilaian presentasi ini tidak berbeda jauh dengan PIMNAS namun skala IPB, semua tim yang ikut keren-keren dan penelitiannya sangat inovatif” ujar Rika.
Rika dkk berhasil mendapat Juara III dalam kegiatan ini dan berkesempatan untuk mewakili IPB ke Tanoto Foundation Research Student Awards 2016 tingkat Nasional melawan UI, Unsoed, dan Unhas.

Presentasi yang disampaikan oleh Rika dkk adalah hasil PKM-P tahun 2015 berjudul ‘Research Branched Chain Amino Acid Sport Drink dengan Fortifikasi Bioaktif Peptida Hidrolisat Protein Ikan Air Tawar’ yang lolos didanai DIKTI dan PIMNAS. “Penelitian ini masih dengan tema yang sama, yaitu mengenai minuman olahraga. Namun, kami memperbarui metode yang digunakan untuk ekstraksi BCAA, yaitu menggunakan prinsip hidrolisis protein secara enzimatis.” ujar Rika.

Penelitian ini menjelaskan formulasi pembuatan minuman olahraga berbahan baku ikan Nila. Tahap penelitian dimulai dengan hidrolisis protein ikan nila sehingga diperoleh asam amino terutama BCAA (branched chain amino acid). Minuman yang dibuat ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan asam amino yg hilang selama aktivitas fisik yg intensif sehingga dapat mengurangi resiko degradasi otot dan kelelahan pasca aktivitas fisik yg intensif.

============================
Web: himasilkan.lk.ipb.ac.id
FB: facebook.com/himasilkan
IG: instagram.com/himasilkan
Twitter: twitter.com/himasilkan
Line: @ejx7718k (HIMASILKAN IPB)
============================
Informasi dan Komunikasi
HIMASILKAN 2016
#BeraniKontribusi
#KontribusiNyata
#HIMASILKANmilikKITA